5 Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan yang Wajib Di Coba

5 Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan yang Wajib Di Coba - 5 Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan yang Wajib Di Coba

5 Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan yang Wajib Di Coba

Selama bulan Ramadan kita memang gak makan ataupun minum dari mulai imsak hingga magrib. Namun, kenyataannya banyak orang justru punya pengeluaran yang lebih dan membengkak saat bulan Ramadan.

Untuk itu beberapa tips berikut ini bisa banget untuk membantu kamu menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan. Kira-kira apa saja? Di lansir dari theiotrevolution.com, berikut beberapa caranya.

1. Batasi tawaran untuk datang ke acara buka bersama

Di kutip dari Club388 Indonesia, pandemi belum juga pergi dari negara ini otomatis kita belum berada dalam situasi serta kondisi yang benar-benar pulih. Hal ini jelas mempengaruhi juga ruang gerak kita termasuk agenda buka bersama. Selain faktor itu, kebanyakan buka bersama hanya sebatas makan bersama lalu membayar sendiri.

Hal ini jelas akan membuat pengeluaran kita membengkak, dong apabila kita mengiyakan semua tawaran buka bersama. Untuk itu coba batasi tawaran untuk datang ke acara buka bersama. Bukan bermaksud gak ingin menjalin silaturahmi, lho ya melainkan kita juga harus sadar diri terhadap kondisi keuangan kita.

2. Masak sendiri di rumah

Di banding harus membeli masakan di luar lebih baik masak sendiri di rumah. Selain lebih terjamin kualitas dan gizinya masak sendiri juga jauh lebih irit. Lagipula terus-terusan beli makanan dari luar hanya akan membuat kantong kita semakin jebol, lho.

Terlebih kita juga harus mempersiapkan segala macam hal menjelang Lebaran. Pasti gak mau, dong pengeluaran makin membengkak terus-terusan?

3. Cari promo di bulan Ramadan

Biasanya banyak sekali toko, retail, bahkan e-commerce yang hadir dengan promo belanja selama bulan Ramadan. Entah itu potongan harga hingga promo cashback pasti selalu ada.

Untuk itu kamu harus pintar mengatur strategi dengan memanfaatkan momen ini. Dengan begitu kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi pengeluaranmu tetap aman. Pasti menyenangkan, bukan?

4. Ngabuburit di rumah saja

Siapa hayo yang selama bulan Ramadan hobi banget ngabuburit? Kalau sekadar jalan-jalan sambil cari angin saja, sih gak masalah. Tapi kalau malah jadi kalap dan jajanan ini itu sambil ngabuburit eh, di lakukan tiap hari lagi. Ya sudah, pengeluaran langsung jebol.

Oleh karenanya, jika gak mau hal tersebut terjadi kamu bisa menggantinya dengan ngabuburit di rumah saja. Akan lebih baik lagi, jika agenda ngabuburitmu di isi dengan mengaji. Pahalanya lebih banyak, kan?

5. Alokasikan dana hangout untuk bersedekah

Nah, dana yang harusnya kamu gunakan untuk hangout atau mungkin ngabuburit atau bahkan dana untuk membeli makanan di luar bisa kamu alokasikan untuk sedekah saja. Hal ini jauh lebih bermanfaat, kan?

Gak hanya itu imbalannya pahala, lho. Terlebih di lakukan di bulan baik seperti ini makin berlipat ganda, deh pahala yang akan kamu dapatkan. Gak hanya hemat tapi kamu menabung untuk kebaikanmu sendiri.

Nah, itulah tadi beberapa tips menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan yang wajib di coba. Bagaimana, nih gampang banget, kan buat di praktikkan?

RAMADAN , BULAN PUASA , PENGELUARAN , KEUANGAN , EDUCATE ME

Tagged : / / / /