Beberapa Alasan Mengapa Menceritakan Pencapaianmu Di Masa Lalu Itu Tidak Baik Untuk Dirimu

Beberapa Alasan Mengapa Menceritakan Pencapaianmu Di Masa Lalu Itu Tidak Baik Untuk Dirimu

Beberapa Alasan Mengapa Menceritakan Pencapaianmu Di Masa Lalu Itu Tidak Baik Untuk Dirimu

Apakah kamu termasuk individu yang suka menceritakan pencapaian dan prestasimu di masa lalu? Contohnya saja seperti, pernah menyandang gelar siswa teladan waktu masih duduk di bangku sekolah. Atau juara lomba esai atau karya ilmiah semasa kamu masih mahasiswa? Kalau jawabannya ya, maka sepertinya kamu harus segera menghentikan kebiasaan seperti ini sekarang juga.

Meskipun banyak orang di luar sana yang melakukannya dengan dalih memotivasi dan menginspirasi orang lain. Tetapi nyatanya menceritakan pencapaian diri sendiri di masa lalu itu jelas sangat berakibat fatal bagi hidupmu sendiri. Ingatlah bahwa kamu harus bisa move on dari segala hal yang berbau masa lalu, termasuk semua prestasimu.

Di lansir dari laman theiotrevolution.com, dalam hal ini kamu harus lebih fokus pada apa yang ingin kamu capai di hari ini, esok, dan seterusnya, lho. Mau tahu alasannya? Keep reading, Guys!

1. Gak akan membuatmu terlihat hebat di masa kini

Di kutip dari laman Aplikasi IDN Poker, jika kamu masih menganggap menceritakan segala pencapaianmu di masa lalu bisa membuatmu terlihat hebat dan luar biasa di mata orang lain, maka kamu salah besar. Bahkan kamu tidak menyadari bahwa pencapaian yang kamu ceritakan ke orang lain itu sudah basi di matanya. Makanya mereka mulai membatin dengan pertanyaan “Lalu, apa sih, pencapaianmu saat ini?” .

Padahal dengan cukup menjadikan pencapaian masa lalumu sebagai pelajaran berharga untuk dapat membuat pencapaian yang lebih baik di masa kini itu justru lebih baik. Jadi, menceritakan prestasimu di masa lalu gak akan membuatmu terlihat hebat di mata orang lain saat ini. Betul gak?

2. Hanya akan menambah rasa insecure-mu di depan orang lain

Kamu harus ingat bahwa dengan selalu menceritakan pencapaian diri sendiri yang sudah berlalu itu gak akan mendongkrak rasa percaya dirimu. Seiring berjalannya waktu, orang-orang di sekitarmu banyak yang prestasinya berhasil melebihi apa yang dulu di capai sehingga kamu akan merasa sudah sangat tertinggal jauh dari mereka.

Maka tak ayal, bukan semakin tambah pede malah tambah minder jadinya. Mendingan di stop deh bangga-banggainnya!

3. Membuatmu jadi merasa cepat puas

Manusia sejatinya adalah makhluk yang gak pernah merasa puas dalam segala hal, termasuk soal pencapaian hidup. Dalam artian, mereka gak akan pernah merasa cukup dengan apa yang dulu di raih dan akan berusaha sekeras mungkin untuk bisa melampaui pencapaian terdahulu di masa sekarang.

Sebaliknya, orang yang terlalu sering menceritakan dan membangga-banggakan pencapaiannya di masa lalu hanya akan menimbulkan rasa cepat puas dan merasa gak perlu lagi untuk berjuang lebih di masa sekarang. Wah, ini jelas bahaya banget untuk masa depanmu kalau kamu punya pemikiran seperti ini!

4. Gak akan pernah bisa memotivasi orang lain

Sesungguhnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi orang lain dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi semua tetapi bukan dengan menceritakan prestasi besarmu di masa lalu, lho.

Percayalah, melakukan hal tersebut gak akan membuat orang lain termotivasi tetapi justru malah menganggapmu sebagai sosok yang ‘ketinggalan zaman’ karena gak ada satu pun pencapaianmu di masa sekarang yang bisa di jadikan sumber motivasi bagi mereka.

5. Kamu akan semakin di remehkan orang lain

Satu hal yang paling penting untuk selalu di ingat adalah apa yang kamu capai di masa kini akan sangat berpengaruh pada nilaimu di mata orang lain. Jika kamu sendiri selalu menceritakan dengan bangganya semua pencapaianmu yang sebenarnya sudah sangat lawas, maka besar kemungkinan kamu akan semakin di remehkan dan di pandang sebelah mata oleh orang lain di sekitarmu.

Mereka menganggap bahwa kamu di ibaratkan seperti bintang yang mulai meredup dan kehilangan sinarnya karena terpaku pada kejayaan masa lalu. Sampai akhirnya kamu lupa bahwa dengan terus meningkatkan prestasi dan pencapaianmu di masa kini bisa membuatmu terus bersinar di mata mereka.

Itulah alasan hakiki betapa gak baiknya jika kamu selalu menceritakan pencapaian terbesarmu di masa lalu. Ingatlah masa lalu biarlah masa lalu dan kamu harus melangkah jauh darinya untuk mampu membuat banyak pencapaian di masa kini. Akan ada kebanggaan tersendiri bila kamu lebih fokus pada kehidupanmu di masa sekarang dan masa depan kelak. Sudah siap untuk berubah?

Tagged : / / /